Kamis, 07 Agustus 2014

Pancasila sebagai ideologi dan Pandangan hidup bangsa Indonesia



A.    Pengertian ideologi
Ideologi berasal dari kata idea (Inggris), yang artinya gagasan, pengertian. Kata kerja Yunani oida = mengetahui, melihat dengan budi. Kata “logia” yang berasal dari bahasa  Yunani logos yang artinya pengetahuan. Jadi Ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Ideologi adalah kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia.

Ideologi negara merupakan cita-cita negara atau harapan dan keinginan dasar bagi suatu sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat. Dalam ideologi suatu bangsa terkandung konsep dasar tentang kehidupan yang dicita-citakannya serta mempermudah bangsa tersebut untuk dapat membangun dirinya.
Jadi, arti penting ideologi bagi suatu bangsa adalah sebagai berikut:
1.   Memberikan arah yang mantap dalam berkelompok dan menggerakannya menuju tujuan masyarakatnya.
2.   Untuk membentuk identitas kelompok atau bangsa dan mempersatukannya dalam satu kesatuan yang utuh.
3.   Untuk mengatasi berbagai konflik dan ketegangan sosial yang terjadi serta menjadikannya sebagai kehidupan yang penuh solidaritas dan kebersamaan.
4.   Untuk mempersatukan berbagai keanekaragaman yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


B.     Pancasila sebagai Ideologi
Ideologi Pancasila ialah pandangan manusia Indonesia tentang perilaku bermasyarakat untuk mencapai cita-cita yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila juga berperan menjaga kelestarian bangsa serta negara Indonesia dalam menghadapi segala bentuk hambatan, tantangan, ancaman serta gangguan.
Pancasila sebagai suatu ideologi tidaklah bersifat kaku dan berpandangan sempit. Akan tetapi, sebaliknya Pancasila bersifat terbuka artinya ideologi Pancasila memiliki nilai-nilai dasar yang aktual, dinamis, dan senantiasa dapat dikembangkan atau menerima pemikiran-pemikiran baru.
C.     Arti Penting Pancasila Sebagai Pandangan Hidup dan Dasar Negara
1.         Arti Penting Pancasila Sebagai Pandangan Hidup
Pancasila sebagai sebuah pandangan hidup bagi bangsa indonesia sejatinya adalah sebuah pandangan hidup yang mencerminkan karakter asli bangsa indonesia.  Bangsa Indonesia lahir menurut cara dan jalan yang ditempuhnya sendiri yang merupakan hasil antara proses sejarah di masa lampau, tantangan perjuangan dan cita-cita hidup di masa yang akan datang, yang secara keseluruhan membentuk kepribadianya sendiri. Pemilihan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia tentunya memiliki latar belakang sejarah dan filsafat, dimana perumusan pancasila sendiri sebagai sebuah pandangan hidup bangsa dirumuskan berdasarkan penggalian nilai– nilai yang terkandung dan hidup dalam jati diri bangsa Indonesia serta digunakan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.
Pancasila merepresentasikan sifat dan watak manusia Indonesia yang religius, humanis, kekeluargaan, ramah, sopan, sikap gotong royongnya yang tercermin di kehidupan masyarakat Indonesia. Pandangan tersebut yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang beragam. Bangsa Indonesia memilih Pancasila sebagai pandangan hidup karena dalam prinsip-prinsip kehidupan masyarakat Indonesia sesuai dengan sila-sila Pancasila dan pancasila merupakan cerminan pribadi bangsa.
2.         Pancasila Sebagai Dasar Negara Bangsa Indonesia
Kelima sila Pancasila digunakan oleh bangsa Indonesia sebagai dasar negara karena dipandang cocok bagi bangsa Indonesia. Oleh karena Pancasila dipandang baik dan cocok bagi bangsa Indonesia, maka kita perlu mempertahankannya melalui pengamalan dalam berbagai bidang kehidupan seperti bidang pemerintahan, kehidupan masyarakat, dan bidang pendidikan.
Pancasila dapat menampung keadaan pluralistik masyarakat Indonesia yang beraneka ragam suku, agama, ras, dan golongan. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa menjamin kebebasan untuk beribadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing. Kemudian, Sila Persatuan Indonesia mampu mengikut keanekaragaman dalam satu kesatuan bangsa dengan tetap menghormati sifat masing-masing apa adanya. Pancasila menjunjung tinggi dan menghargai manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan secara berkeadilan yang disesuaikan dengan kemampuan dan hasil usahanya. Pancasila memiliki pontensi menjamin keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bertentangan dari Sabang sampai Merauke, yang terdiri atas ribuan pulau.
Pancasila memberikan jaminan berlangsung demokrasi dan hak-hak asasi manusia sesuai dengan budaya bangsa. Hal ini selaras dengan Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Pancasila menjamin terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera.
Pancasila sebagai dasar negara menjadi sumber  segala sumber hukum negara sehingga aturan yang ada harus sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara dikukuhkan dalam pembukaan UUD NRI 1945 alenia ke empat. Isi dalam pembukaan UUD NRI 1945 dijabarkan dalam pasal-pasal UUD NRI 1945 selanjutnya dimuat dalam UU pelaksananya

1 komentar: